Home / Lifestyle / Wisata Instagramable “Pulau Kumayan” Di Kota Bengkulu

Wisata Instagramable “Pulau Kumayan” Di Kota Bengkulu

Bengkulu: Banyak objek wisata terkenal yang terletak di Bengkulu seperti Pantai Panjang, Pantai Pasir Putih, Taman Melon, Danau Dendam Tak Sudah, dan masih banyak lagi. Kini, di kawasan Cagar Alam Danau Dendam Tak Sudah di Kota Bengkulu, dibangun objek wisata baru bernama Pulau Kumayan atau yang biasa juga disebut dengan Pulau Kemayan.

Pulau Kumayan merupakan objek wisata hutan bakau yang dibuat oleh warga, di tanah rawa. Walaupun masih merupakan kawasan Cagar Alam Danau Dendam Tak Sudah, tak perlu khawatir harus menempuh perjalanan panjang dan masuk kedalam hutan karena objek wisata ini terletak di tengah Kota Bengkulu.

Objek wisata Pulau Kumayan yang berada di Kelurahan Surabaya, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu ini di olah oleh warga setempat, yang bernama Hermansyah.

Karena lahan tersebut berada di kawasan rawa, pemilik lahan memilih untuk membangun obyek wisata alam dengan luas 15 hektar.

Wisata yang berbeda di rawa pada umumnya di kelilingi semak-semak belukar, sedangkan Pulau Kumayan ini ditumbuhi pohon mangrove. Hal ini salah satu keinginan dari pemiliknya yang sangat ingin membuat hutan mangrove, agar pengunjung wisata merasakan sensasinya.

Objek wisata ini diberi nama kumayan (bambu) dikarenakan asal usul daerah ini awalnya merupakan bukit yang dikelilingi banyak bambu. Oleh karena itu, meskipun ditanami dengan pohon mangrove, pemilik menamai obyek wisata ini Kumayan.

Meskipun pembangunannya belum selesai seratus persen, Pulau Kumayan atau Pulau Kemayan sudah banyak dikunjungi oleh warga sekitar dan wisatawan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya spot-spot yang instagramable di Pulau Kumayan. Pemilik telah membangun jalan setapak dari kayu untuk mengekplorasi rawa mangrove buatannya, selain itu wisata ini disediakan spot-spot seperti bangku dan tempa berfoto agar pengunjung dapat bersantai dan mengabadikan momen di tempat ini.

Tidak hanya itu, tempat wisata ini di rencanakan dibangun berbagai fasilitas tambahan, seperti perahu bebek, kolam renang, pemancingan, outbond, dan tempat parkir untuk menunjang potensinya sebagai tempat wisata.

Salah satu pengunjung Pulau Kumayan bernama Selly, sangat merasa puas dan nyaman dengan pemandangan sekitar, walaupun wisata ini berlum sepenuhnya jadi.

“Saya sangat merasa puas, karena di sini kita dapat berfoto-foto dengan keindahan alam hutan mangrove, dengan lokasi yang instagramable, dan pepohonan rindang. Selain itu pepohonan rindang yang banyak terdapat di lokasi ini juga memiliki daya tarik untuk jadi tempat bersantai, hal ini tampak dari banyaknya warga yang bersantai di bawah pohon sambil memancing ikan gabus di rawa,” ujar Selly.

Untuk memasuki wilayah wisata alam Pulau Kumayan, pengunjung hanya di kenakan biaya atau sumbangan sukarela dan semampunya. Uang tersebut akan digunakan untuk pembangunan fasilitas lainnya. (IPS01)

About Rizki Koto

Check Also

Kembali Berbagi Ikal SMP2 Bengkulu Sebar 1.064 Paket Makanan

Bengkulu: Ikatan Alumni SMP Negeri 2 Kota Bengkulu kembali turun ke jalan. Program “Alumni Berbagi” …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money