Home / News / Cek Fakta / Utang Luar Negeri RI Sentuh Rp6.078 T di Kuartal II 2023

Utang Luar Negeri RI Sentuh Rp6.078 T di Kuartal II 2023

Foto: Pinterest
Foto: Pinterest

 

 

Bank Indonesia (BI) mencatat posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia sebesar US$396,3 Miliar atau setara Rp6.078 Triliun (asumsi kurs 15.337 per dolar AS) di kuartal II 2023. Dibandingkan posisi ULN angka Indonesia turun pada akhir kuartal I 2023 yang menyentuh US$403,2 Miliar setara dengan Rp6.184 Triliun.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyebut penurunan ULN ini dipengaruhi pembayaran neto pinjaman luar negeri dan global bond yang jatuh tempo. Sedangkan penempatan investasi portofolio di pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik meningkat seiring tetap terjaganya sentimen positif pelaku pasar global.

ULN Indonesia secara tahunan terkontraksi 1,4 persen yoy. Ini melanjutkan kontraksi pada kuartal lalu sebesar 1,9 persen.

“Pemerintah tetap berkomitmen mengelola ULN secara hati-hati, efisien, dan akuntabel, termasuk menjaga kredibilitas dalam memenuhi kewajiban pembayaran pokok dan bunga secara tepat waktu,” Ungkap Erwin resmi di situs BI, Selasa (15/8).

“Posisi ULN pemerintah relatif aman dan terkendali mengingat hampir seluruh ULN memiliki tenor jangka panjang dengan pangsa mencapai 99,8 persen dari total ULN pemerintah,” Lanjutnya.

Dilansir dari CNN, Erwin merinci penarikan ULN pada kuartal II 2023 ini masih diutamakan untuk mendukung belanja prioritas pemerintah, yaitu mencakup sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial (24,1 persen), administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (18 persen), jasa pendidikan (16,8 persen), konstruksi (14,2 persen), serta jasa keuangan dan asuransi (10,1 persen).

Di lain sisi, ULN swasta pada kuartal ini juga turun dibandingkan kuartal sebelumnya. Saat ini, posisi ULN Swasta berada di angka US$194,4 miliar, lebih rendah dari kuartal lalu sebesar US$199,7 miliar alias terkontraksi 5,6 persen.

Erwin juga menegaskan ULN Indonesia pada kuartal II 2023 tetap terkendali, tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang turun ke posisi 29,3 persen.(SA)

About Septi herdiana

Check Also

Pleno Tuntas Ini Daftar 45 Anggota DPRD Prov Bengkulu Terpilih

Benfkulu-¬†Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu telah selesai melaksanakan pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money