Home / Lifestyle / Tri Sakti di Rejang Lebong, Air Terjun Tertinggi di Bengkulu

Tri Sakti di Rejang Lebong, Air Terjun Tertinggi di Bengkulu

Provinsi Bengkulu memiliki air terjun tertinggi di sana. Namanya adalah Air Terjun Tri Sakti di Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong. Mengutip Antara, Selasa (21/6/2021), air terjun ini memiliki ketinggian 84 meter dan dialiri oleh air yang berasal dari perut bumi. Uniknya, air terjun tersebut tidak hanya memiliki air dingin namun juga air hangat. Pemandangan yang menyambut wisatawan pun masih asri.

Meski sudah ada sejak 2012, namun Air Terjun Tri Sakti baru dikelola secara resmi oleh Desa Belitar Seberang pada 2021. Kepala Desa Belitar Seberang bernama Kasiyadi mengatakan, pada saat itu, pengelolaan air terjun masih dilakukan secara pribadi lantara lahannya milik warga.

Alami perubahan nama Kasiyadi menuturkan bahwa tempat wisata ini sempat mengalami perubahan nama. Dahulu, Air Terjun Tri Sakti adalah Air Terjun Tri Muara Karang. Menurut dia, penyematan nama diambil dari konsep Tri Sakti Bung Karno yakni berdaulat secara politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. “Karena penduduk sini berasal dari Blitar, Jawa Timur, tempat Bung Karno dimakamkan. Sehingga dinamakan Air Terjun Tri Sakti,” jelas Kasiyadi.

Saat ini, tempat wisata tersebut mulai berbenah menggunakan bantuan penyertaan modal dari dana desa 2021.

Apabila ingin berkunjung, Air Terjun Tri Sakti berlokasi di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Jarak dari Kota Curup atau Ibu Kota kabupaten tersebut adalah sekitar 40 kilometer (km). Jika posisimu berada di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, jarak menuju tempat wisata hanya sekitar 5 km. “Pengunjung yang hendak datang ke tempat ini bisa berjalan kaki, atau mengendarai sepeda motor. Namun karena jalannya turun naik, maka akan lebih cepat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor karena jaraknya dari desa sekitar 2 km,” tutup dia. (KG31)

About Rizki Koto

Check Also

Kisah Heroik Pahlawan Rakyat Bengkulu Dan Saksi Bisu Sejarah

Oleh: H Roli Gunawan Banyak cerito nang masih tengiang-ngiang dikepalak anak-anak kek cucung kito hinggo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money