Home / Education / Artikel / Tips: Menghilangkan Bekas Jerawat Berwarna Hitam dan Merah Secara Alami

Tips: Menghilangkan Bekas Jerawat Berwarna Hitam dan Merah Secara Alami

Foto: Pinterest
                        Foto: Pinterest

 

Bekas jerawat baik yang berwarna merah maupun hitam, adalah kondisi kulit yang cukup mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Bekas jerawat atau yang biasa orang kenal dengan sebutan ‘acne scars‘ terjadi akibat peradangan pada jerawat yang merusak lapisan dermis kulit, akibatnya, kulit menjadi berlubang atau tampak seperti ada cekungan atau bopeng.

Salah satu mitos yang mungkin pernah Anda dengar adalah bekas jerawat dapat hilang dengan sendirinya. Faktanya tidak demikian, Kondisi ini kemungkinan besar justru tidak akan kembali normal seperti kulit aslinya. Berikut ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, baik yang berwarna merah maupun hitam :

1. Baking soda

Baking soda mengandung kristal sodium bicarbonate yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub.

2.Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit serta menghilangkan jerawat dan bekasnya.

3.Madu

Kandungan alami dalam madu seperti antibiotik mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat dan berfungsi memudarkan bekasnya.

4.Bawang Merah

Bawang merah mengandung antimicrobial yang berkhasiat melawan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat dan menghilangkan bekasnya pada kulit.

5.Air Lemon

Kandungan disinfektan alami di dalam air lemon dapat meyembuhkan infeksi di kulit. Selain itu asam alami air lemon dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

6.Teh Hijau

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang berfungsi membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Teh hijau juga tinggi antioksidan dan bisa melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri.

7.Tomat

Terakhir Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami adalah dengan tomat. Tomat adalah buah yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit. (AN)

About Septi herdiana

Check Also

Merokok, Gaya Hidup Berbahaya yang Harus Dihentikan

    Merokok merupakan kebiasaan yang masih banyak dilakukan di Indonesia meskipun telah banyak penelitian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money