Home / Education / Artikel / Tau Tempuyak?? Begini Lo Cara Membuatnya

Tau Tempuyak?? Begini Lo Cara Membuatnya

Tempuyak, makanan khas Bengkulu berbahan dasar daging durian (Foto: Abel)

Bengkulu: Tidak hanya dikenal sebagai Bumi Rafflesia dengan seni budaya, sejarah dan objek wisatanya, Bengkulu juga kaya akan makanan atau masakan tradisional. Salah satu makanan yang khas daerah ini adalah tempuyak, mungkin kalian sudah tau dong tempuyak itu apa?.

Yups,  tempuyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempiyak ini merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempuyak sebenarnya juga bisa dimakan langsung, tapi jarang sekali dilakukan sebab banyak yang tidak tahan dengan keasamannya. Masyarakat lebih memilih tempjyak untuk dijadikan bumbu masakan.

Proses pembuatan tempuyak sangatlah mudah, bahan yang harus disiapkan twntu saja daging durian, baik durian lokal atau durian monthong (kurang bagus karena terlalu banyak mengandung gas dan air). Durian yang dipilih diusahakan agar yang sudah masak, biasanya yang sudah tampak berair.

Daging durian kemudian dipisahkan dari bijinya, setelah itu diberi sedikit garam. Setelah selesai, lalu ditambah dengan cabe rawit yang bisa mempercepat proses fermentasi. Namun proses fermentasi tidak bisa terlalu lama karena akan mempengaruhi cita rasa akhir.

Setelah proses di pembuatan tempuyak selesai, adonan disimpan dalam tempat yang tertutup rapat. Diusahakan untuk disimpan dalam suhu ruangan. Bisa juga dimasukkan ke dalam lemari pendingin, namun fermentasi akan berjalan lebih lambat.

Tempuyak yang telah difermentasi selama 3-5 hari cocok untuk dibuat sambal, karena sudah asam dan masih ada rasa manisnya. Sambal tempoyak biasanya dipadukan dengan ikan Teri, ikan mas, ikan mujair, ikan patin, pokoknya semua jenis ikan.

Mudah kan??  Jadi buat kalian wajib coba untuk mencicipi makan khas bengkulu yaitu tempoyak, apa lagi mencicipi tempoyak ikan patin salah satu makanan khas yang ada di Bengkulu. (Abel).

About didi yong

Check Also

AJI Bengkulu Gelar “Mobile Journalism”

BENGKULU : Saat ini generasi millennial mencari identitas melalui media internet. Sebab, bagi generasi Z …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money