Home / Lifestyle / Traveling / Sepinya Minat Masyarakat Mengunjungi Museum Negeri Bengkulu

Sepinya Minat Masyarakat Mengunjungi Museum Negeri Bengkulu

BENGKULU – Museum Negeri Bengkulu merupakan salah satu Museum yang ada di Provinsi Bengkulu. Museum yang terletak di Jalan Pembangunan No. 8, Padang Harapan. Dalam Museum itu banyak yang bisa dilihat karena merupakan tempat penyimpanan koleksi bersejarah  dan adat budaya masing-masing  suku di Bengkulu. Diantaranya pakaian pengantin  pakaian adat, alat rumah tangga, senjata tradisional, bentuk rumah adat,  tulisan huruf kaganga  dan peninggalan masa prasejarah, mulai dari peradaban batu hingga peradaban perunggu.

Menurut Nirwan Sukandri, Kepala Museum Negeri Bengkulu mengatakan kunjungan masyarakat menjadikan Museum sebagai alternatif tempat tujuan wisata bagi masyarakat Bengkulu masih kurang. Bentuk upaya kerja sama sudah dilakukan, khusunya di instansi pemerintah  maupun sekolah di Bengkulu. Karena ini menyangkut program pembelajaran sejarah Bengkulu, Siswa dapat melihat langsung dan wajib mengetahui hal itu. “Minat masyarakat menjadikan Museum sebagai tempat tujuan wisata masih sangat kurang, padahal sudah berbagai upaya kami lakukan untuk menarik minat masyarakat sehingga berkunjung kesini, terutama di instansi pemerintah dan sekolah-sekolah”, kata Nirwan Sukandri.

Ditambahkannya memang di Bengkulu banyak pilihan tempat wisata, namun terkadang museum menjadi pilihan terakhir. Padahal dari segi fasilitas, seperti gedung dan tempat penyimpanan koleksi bersejarah, tertata dengan baik  termasuk petugas khusus yang dapat menjelaskan secara rinci sejarah Bengkulu.

Pihak Museum terus memberikan informasi dan pelayanan terbaik ke setiap pengunjung yang datang ke Museum . Pihak sekolah di Bengkulu masih berpartisipasi mendukung program dari Museum dengan membawa siswa berkunjung ke Museum tersebut. Nirwan Sukandri berharap tahun ini akan semakin banyak kunjungan ke Museum Negeri Bengkulu dan semakin banyak informasi yang bisa disampaikan ke masyarakat. “Semoga semakin banyak yang berkunjung Museum Negeri Bengkulu, karena banyak informasi yang bisa kami sampaikan kepada masyarakat”, tuturnya. (ddy)

 

About Bambang Superianto

Check Also

Potret Indah Persawahan Di Desa Kemumu

  Sawah kemumu terletak di desa kemumu,Arga makmur,kabupaten Bengkulu utara. sawah kemumu tidak hanya disajikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money