Home / Education / Artikel / Sejuta Manfaat Minyak Zaitun

Sejuta Manfaat Minyak Zaitun

Minyak Zaitun ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia (foto: dok)

Healthy: Minyak zaitun biasa digunakan sebagai campuran pada masakan atau pada salad. Minyak ini dipercaya lebih sehat jika dibandingkan dengan minyak sayur atau yang biasa digunakan sehari-hari. Maka tak heran, jika minyak ini dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan diet dan pola hidup sehat.

Seperti dikutip dari laman Kumparan.com, selain nikmat dicampurkan pada makanan, minyak zaitun juga biasa digunakan untuk kecantikan karena khasiatnya yang sudah terbukti. Kandungan minyak alaminya dipercaya dapat melembapkan kulit yang kering sehingga tetap ternutrisi dan kenyal. Bukan hanya itu, minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal (mufa) yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan kembali menormalkan darah yang beku. Jika darah dapat mengalir dengan lancar itu berarti juga risiko penyakit jantung dan stroke dapat terminimalisir.

Di dalam minyak zaitun juga terkandung vitamin E, karotenoid dan senyawa fenolik yang termasuk dalam jenis antioksidan. Jika kita mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin, itu berarti kandungan antioksidannya dapat membantu tubuh terlindungi dari radikal bebas dan racun yang bisa merusak kesehatan.

Lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak zaitun selain dapat menurunkan kadar kolesterol, juga berfungsi mencegah naiknya tekanan darah. Asam lemak esensial (efa) yang juga dikenal dengan sebutan omega-3 telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah.

Resiko penyakit kardiovaskular dan depresi dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Bagi kamu yang sedang stress akibat pekerjaan menumpuk atau sedang banyak masalah, agar tak depresi kamu bisa menambahkan minyak zaitun dalam makananmu.

Bagi kamu yang memiliki masalah pada tulang seperti osteoporosis, bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai nutrisi alami bagi tulangmu. Minyak zaitun dapat membantu meningkatkan jumlah kalsium dalam darah yang berpengaruh positif untuk kepadatan tulang.

Peradangan kronis dianggap sebagai penyebab utama pada sejumlah penyakit seperti kanker, jantung, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, alzheimer, arthritis dan bahkan obesitas. Peradangan seperti ini bisa dikurangi dengan mengkonsumsi extra-virgin minyak zaitun yang memiliki efek anti-inflamasi karena kaya akan antioksidan.

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat serta membunuh bakteri berbahaya di perut. Salah satunya adalah bakteri penyebab maag dan kanker perut. Dengan mengkonsumsi 30 gram extra virgin minyak zaitun setiap hari, dipercaya dapat menghilangkan infeksi akibat bakteri. (Ry)

About didi yong

Check Also

Woow, Skor Akuntabilitas Kinerja Pemprov Bengkulu Naik Lagi

Batam: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) merilis hasil evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money