Home / Education / Artikel / SAH! 40 Orang Petani Sawit di Kabupaten Mukomuko dibebaskan Oleh Polisi

SAH! 40 Orang Petani Sawit di Kabupaten Mukomuko dibebaskan Oleh Polisi

SAH! 40 Orang Petani Sawit di Kabupaten Mukomuko dibebaskan Oleh Polisi
Sumber : Tribunnews.com
https://makassar.tribunnews.com/2022/05/24/nasib-40-petani-sawit-ditangkap-setelah-dituduh-mencuri-oleh-perusahaan-bebas-meski-tersangka?page=all

Mukomuko-Konflik Agraria yang menjadi permasalahan di tengah masyarakat kabupaten Mukomuko dengan PT.Daria Dharma Pratama membuahkan hasil positif dengan pembebasan melalui Restorative Justice atau keadilan restorative yang melibatkan pihak kepolisian sebagai mediator antara 40 petani yang ditangkap dengan dugaan pencurian Tandan Buah Segar dengan pihak PT,DDP pada 12 April 2022.
Komjen Pol Agus Andrianto selaku Kabareskrim Polri menerangkan bahwa untuk kasus yang melibatkan 40 orang petani asal mukomuko ini dengan PT. Daria Dharma Pratama pada akhirnya menemukan titik terang terhadap penyelesaian kasus ini dengan kesepakatan antara kedua belah pihak secara keadilan restorative karena akan mengedepankan unsur kekeluargaan dalam penyelesaian ini.
“Kedua belah pihak sepakat untuk penyelesaian perkara pencurian tandan buah segar Kelapa Sawit PT. diselesaikan secara restorative justice dan saat ini telah dikeluarkan sebanyak 40 orang tahanan kasus tindak pidana pencurian TBS Kelapa Sawit” Ujar Agus pada team Tribbunnews di Jakarata, 24 Mei 2022.
Diketahui sebelumnya bahwa ke-40 orang petani asal kabupaten Mukomuko ini semuanya terhimpun dalam Perkumpulan Petani Pejuang Bumi Sejahtera (P3BS) Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Mukomuko dan semuanya ditangkap lantaran mereka mereka telah memanen di lahan yang diklaim milik PT Daria Dharma Pratama (DDP), salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit penguasa ribuan hektar tanah di Mukomuko.
Namun, dengan berdasarkan keputusan kedua belah pihak untuk melakukan Restorative Justuce dalam proses penyelesaian kasus ini, maka keputusan untuk kasus ini saat ini telah menyatakan bahwa 40 orang petani tersebut sudah bebas dengan persayaratan tidak mengulangi kembali perbuatan yang sama. (Ages)

About Anisatul Azizah

Check Also

PENANAMAN MANGROVE DI MUARA SUNGAI JENGGALU

Kegiatan penanaman ini dilakukan pada tanggal 26/05/2022 dimulai dari jam 9 sampai selesai (sesuai dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money