Home / News / Hangat / Perjuangan Warga Paku Haji Terobos Lumpur Banjir Bandang

Perjuangan Warga Paku Haji Terobos Lumpur Banjir Bandang

Material lumpur dan pohon menutupi akses jalan desa Paku Haji Bengkulu Tengah ( foto/Mawan Syafar)

Bengkulu Tengah- Ratusan warga Paku Haji kecamatan pondok Kubang kabupaten Bengkulu Tengah sejak Jumat lalu menjadi korban Banjir bandang yang melanda kabupaten Bengkulu tengah, selain air kuning pekat merendam pemukiman warga material pohon yang tumbang pun ikut menghantam rumah warga.

Pasca banjir pemukiman ini juga dipadati lumpur yang ketinggiannya hingga saat ini mencapai 500-150 centimeter. Akses menuju jalan ke desa ini pun ikut tertutup lumpur, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan.

Diakui Romi warga desa paku haji, pasca banjir seluruh warga mengungsi ke daerah yang lebih tinggi tanpa bisa menyelamatkan barang milik mereka ke dataran yang lebih tinggi dan desa ini menjadi salah satu daerah terisolir.

” Kami tidak dapat berbuat banyak, saat banjir menyapu pemukiman desa. Seluruh akses semua tertutup karena tertimbun lumpur dan pohon” ujarnya.

Warga berusaha membersihkan pohon sisa banjir bandang (foto/Mawan Syafar)

Warga lain Memi, untuk mendapatkan bantuan kami terpaksa secara gotong royong dengan peralatan seadanya membuka akses jalan agar dapat keluar dan meminta bantuan.  Sejak kejadian kami gelap gulita tanpa penerangan karena instalasi listrik PLN semuanya rusak.

” Bersama warga lain kami membersihkan material lumpur dan pohon yang menutup jalan agar kami dapat meminta bantuan”. Ungkap Memi

Desa Paku Haji merupakan satu daerah di kecamatan kabupaten Bengkulu Tengah mengalami dampak banjir bandang, mengingat beberapa kecamatan lain mengalami hal serupa ditambah dengan bencana longsor.

Hingga saat ini warga desa paku haji mengharapkan bantuan berupa makanan dan air minum, obat-obatan serta perlengkapan lain karena masih menghuni tenda pengungsian. Mereka meminta pemerintah setempat untuk mengirimkan alat berat untuk membuka akses jalan menuju desa, agar memudahkan penyaluran bantuan ke warga. (Mawan Syafar)

About rg miko

Check Also

Harun Mahbub: Tik Tok Sudah Merasuki Jurnalisme

Bengkulu: Ada yang menarik saat Redaktur pelaksana Liputan6 Harun Mahbub saat memaparkan materi dalam Seminar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money