Home / akademik / Penggunaan Virtual Reality (VR) Dalam Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar

Penggunaan Virtual Reality (VR) Dalam Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar

                     Antarnews.com

 

 

 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memulai Era Merdeka Belajar, yang memungkinkan guru untuk melakukan hal-hal baru dalam proses pembelajaran. Memanfaatkan Teknologi Virtual Reality (VR) adalah salah satu kemajuan yang dapat dicapai.

Belajar adalah proses interaksi individu dengan lingkungannya. Dalam pendidikan, ini dianggap sebagai cara untuk mengubah perilaku. Oleh karena itu, pendidikan tidak hanya merupakan tempat untuk memperoleh pengetahuan tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk membangun karakter manusia. Untuk mencapai tujuan pendidikan, media pembelajaran yang efektif diperlukan. Saat ini, di Indonesia, metode pembelajaran klasik masih populer, yang berarti bahwa siswa dan guru belajar di satu tempat dan terbatas waktu.

Metode ini dianggap kurang efektif karena hanya berlaku satu arah dan monoton serta murid hanya terfokus mendengarkan apa yang disampaikan oleh pengajar sehingga akan menimbulkan rasa bosan dan murid menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, perlu dilakukan transformasi metode pendidikan menjadi lebih modern dan efektif lagi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital yaitu dengan menggunakan media VR.

                        Antarnews.com

 

Virtual Reality (VR) memungkinkan pengguna mengalami pengalaman seolah-olah mereka berada di dunia digital. Teknologi ini dapat digunakan dalam banyak bidang, seperti pendidikan. Siswa dapat lebih terlibat dalam pembelajaran dengan VR karena mereka dapat mengalami pengalaman secara langsung daripada hanya mendengarkan guru atau membaca buku teks. Misalnya, mereka dapat belajar tentang sejarah dengan mengunjungi tempat bersejarah secara virtual. Guru dapat menggunakan VR untuk membawa siswa ke masa lalu. Misalnya, siswa dapat belajar tentang Perang Dunia II dengan mengunjungi medan perang secara virtual.

Dengan menggunakan teknologi VR diharapkan pendidikan Indonesia akan berkembang sesuai dengan poin 4 Sustainable Development Goals (SDG), yaitu memastikan pendidikan yang berkualitas, layak, dan inklusif untuk mendorong kesempatan dan hak belajar seumur hidup bagi semua orang di dunia. Berdasarkan potensi-potensi tersebut, VR dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif dalam era Merdeka Belajar. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan VR dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Selain itu, perlu juga dilakukan pelatihan bagi guru agar mereka dapat memanfaatkan VR secara optimal. (SYS124, PJ100, AM22, JA34, YS106, TA126p, A16, M92, MP76, YL20, DNSY48, CM08, FA50) 

About Septi herdiana

Check Also

Merokok, Gaya Hidup Berbahaya yang Harus Dihentikan

    Merokok merupakan kebiasaan yang masih banyak dilakukan di Indonesia meskipun telah banyak penelitian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money