Home / akademik / Pemateri Bimtek Pelaporan Dana Kampanye WR IV Unived Warning Pimpinan Parpol

Pemateri Bimtek Pelaporan Dana Kampanye WR IV Unived Warning Pimpinan Parpol

Wakil Rektor IV Unived Jamil Afrianto SE, M.Ak kembali menjadi pemateri utama dalam pelatihan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) di Kabupaten Lebong (foto: Jml)

Bengkulu: Wakil Rektor IV Universitas Dehasen Bengkulu Jamil Afrianto SE M.Ak kembali mendapat kepercayaan menjadi pemateri utama dalam seminar Bimbingan Teknis Pelaporan Dana Kampanye oleh Komisi Pemilihan Umum Kabuoaten Lebong. Sebelumnya, Penyandang gelar Megister Akuntansi Pasca Sarjana Universitas Bengkulu ini juga dipercaya menjadi pemateri utama oleh KPUD Kaur.

Dalam arahannya, Jamil memberikan peringatan atau “warning” kepada para pimpinan Partai Politik peserta Pemilu Legislatif tingkat Kabupaten Lebong untuk serius dalam memberikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye atau LPSDK tepat waktu.

Sesuai jadwal yang ditetapkan yaitu tanggal 23 September 2018 hingga 1 Januari 2019 untuk penerimaan sumbangan dana kampanye dan tanggal 2 januari pukul 18.00 untuk penerimaan laporan dana kampanye. Sebab jika lalai, konsekuensinya anggota DPRD terpilih dari partai tersebut bisa saja direkomendasikan untuk tidak dilantik.

“Ini serius dan harus ditaati,” tegas Jamil Senin 18 Desember 2018.

Semua penerimaan dana kampanye harus masuk dulu ke dalam Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK)  sebelum tanggal yang ditetapkan. Setelah itu, penggunaannya juga harus dilaporkan sesuai aturan. Sebab laporan itu akan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik atau KAP Independen yang ditunjuk KPU.  Jika audit menemukan kejanggalan, maka rekomendasi kepada penyelenggara Pemilu khususnya KPU sangat jelas dan tegas.

Bimtek dibuka langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Lebong Shalahuddin Al Khidhr ini diikuti oleh hampir seluruh Pimpinan Partai Politik dan tim pelaporan dana kampanye tingkat kabupaten.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Lebong Shalahuddin Al Khidhr mengatakan, dengan bimtek ini diharapkan semua parpol peserta pemilu di Kabupaten Lebong dapat memahami dan menyampaikan laporan dana kampanye atau LPSDK tepat waktu sesuai jadwal yang ditetapkan. Jika tidak, maka rekomendasi para auditor akan menjadi pegangan bagi mereka untuk mengambil keputusan.

Bimbingan Teknis Audit dana kampanye peserta pemilihan umum 2019 ini digelar Berdasarkan peraturan komisi pemilihan umum No 29 tahun 2018 perubahan kedua atas peraturan komisi pemilihan umum Nomor 24 tahun 2018 tentang dana kampanye pemilihan umum. (MB)

About didi yong

Check Also

Pleno Tuntas Ini Daftar 45 Anggota DPRD Prov Bengkulu Terpilih

Benfkulu- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu telah selesai melaksanakan pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money