Home / Ekonomi dan Bisnis / Pasar Barukoto, Sentra Kuliner yang Tak Lekang Oleh Waktu

Pasar Barukoto, Sentra Kuliner yang Tak Lekang Oleh Waktu

Suasana sentra kuliner di Pasar Baru Koto.YOAN MANDALA PUTRA
Suasana sentra kuliner di Pasar Baru Koto.FOTO: YOAN MANDALA PUTRA

Bengkulu: Berwisata ke Bengkulu tidak lengkap jika tidak menikmati wisata kulinernya. Salah satunya seperti yang ada di Pasar Barukoto. Wisata kuliner ini letaknya sangat strategis karena berada di kawasan tiga tempat bersejarah di Kota Bengkulu, serta beberapa wisata lainnya.

Ya. Pasar Barukoto yang sudah berdiri sejak tahun 1980 itu berada di seberang pintu gerbang Fort Marlborough, benteng terbesar di Asia Tenggara peninggalan Inggris. Di sisi seberang lainnya ada Tugu Thomas Parr yang menjadi simbol perjuangan masyarakat melawan penjajahan. Serta sekitar 50 meter dari kawasan Kampung Cina yang dulu dikenal sebagai pusat kota Bengkulu. Jika ingin ke pantai juga ada Pantai Tapak Paderi dan Pasar Malabro.

Sentra kuliner Pasar Barukoto buka sejak pagi hingga tengah malam. Tapi paling ramai pengunjung datang pada sore hingga malam hari. Selain pedagang kuliner, di bagian lain kios juga ada toko elektronik, alat rumah tangga, mainan anak-anak dan pakaian.

Wisata kuliner di Pasar Baru Koto memang digemari. Selain harganya yang bersahabat di kantong, menunya juga bervariasi. Tersedia berbagai jenis makanan dan minuman mulai dari nasi goreng, sate padang, sate madura, soto ayam dan soto daging. Jenis makanan berkuah juga ada. Seperti bakso, tekwan, pempek dan lain-lain. Juga tersedia minuman bandrek, berbagai jus buah dan masih banyak lagi.

Menariknya, ditengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, geliat kuliner di Pasar Baru Koto masih mampu dapat bertahan. Jam operasional buka tutup masih seperti biasa.

“Alhamdulillah pengunjung masih ramai. Kami meminta pengunjung menaati protokol kesehatan. Terutama mengenakan masker. Kami pedagang juga memakai masker,” kata Sandi, penjual nasi goreng di Pasar Baru Koto.(Yoan Mandala Putra/Ken)

About Komi Kendi

Check Also

Fraksi Golkar Minta RSHD Siapkan Alat PCR

Bengkulu: Dari anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Bengkulu Yudi Darmawansyah S.Sos, MM meminta pihak eksekutif, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money