Home / Education / Museum Negeri Bengkulu Wisata Sejarah di Bengkulu Yang Wajib Kalian Kunjungi

Museum Negeri Bengkulu Wisata Sejarah di Bengkulu Yang Wajib Kalian Kunjungi

Dok. Ike Herawati
Dok. Ike Herawati

Provinsi Bengkulu merupakan provinsi yang terletak di sisi Barat Indonesia, dengan berbagai wisata baik wisata alam, budaya, maupun historis. Salah satunya adalah Museum Negeri Bengkulu yang terletak di Padang Harapan kota Bengkulu.

Museum Bengkulu mulai dibangun pada tahun 1978 dan baru difungsikan pada 3 Mei 1980. Museum Negeri Bengkulu awalnya berada di Benteng Marlborough, namun pada tahun 1983 museum ini menempati gedung baru yang sampai saat ini di jadikan tempat Wisata Sejarah.

Museum ini merupakan tempat penyimpanan koleksi benda-benda bersejarah dan adat budaya setiap suku yang ada di Bengkulu. Di antaranya adalah pakaian pengantin, pakaian adat, alat-alat rumah tangga, senjata tradisional, bentuk-bentuk rumah adat serta tulisan huruf.

Salah satu barang bersejarah disana adalah ‘ka ga nga’ yang merupakan merupakan sebuah nama kumpulan beberapa aksara yang berkerabat di Sumatera sebelah Selatan. Demikian juga peninggalan kain tenun yang terdiri dari kain tenun masyarakat Enggano dan aneka jenis motif kain Besurek.

“Saya sangat suka belajar tentang Sejarah, itulah mengapa saya sering datang ke sini untuk mengamati dan belajar tentang apa saja peninggalan bersejarah di Museum Negeri Bengkulu,” kata Intan pengunjung museum Bengkulu, Jumat (30/6).

Selain itu, Museum ini bisa dikunjungi pada hari senin hingga hari Jumat pada pukul 08:00 -15:00 WIB, sedang pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional yang lain tidak buka. Untuk tiket masuk museum, Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk anda yang datang berombongan dengan minimum 25 orang, akan memperoleh potongan harga sebesar 50% per orangnya. (NS)

About Natasya saputri

Check Also

CSR PGE Hululais Bantu Sanitasi Sekolah Dan Pemberdayaan Masyarakat Sekitar

Bengkulu – PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX:PGEO) Area Hululais, Bengkulu, dalam menjalankan Tanggung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money