Home / Entertainment / Event / Malam Puncak Festival Tabut Bengkulu, Ribuan Masyarakat Ikut Hadir Merayakan

Malam Puncak Festival Tabut Bengkulu, Ribuan Masyarakat Ikut Hadir Merayakan

Dok. Radar Muko-muko

Ribuan masyarakat Bengkulu tampak memadati area panggung utama Lapangan Merdeka hingga wilayah sekitarnya. Dari simpang masjid Jamik kemacetan menuju lapangan merdeka sudah dipadati oleh para pengunjung yang berdatangan baik dari dalam kota maupun luar kota, bahkan ada dari manca negara, ada yang berjalan kaki, menggunakan mobil dan sepeda motor.

Tradisi yang dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat Bengkulu dalam menyambut Tahun Baru Islam yaitu Tabut. Tabut adalah upacara hari berkabung atas gugurnya salah seorang cucu nabi Muhammad.

Malam puncak penutupan festival Tabot 2023 ditutup dengan berbagai macam penampilan dari kesenian, berbagai macam lomba tari. Terakhir dihibur oleh salah satu artis Novia Bachmid.

Selain pentas seni budaya, pada malam puncak Festival Tabut ini dimeriahkan dengan ritual Tabut Besanding. Bangunan Tabut dipajang dengan menggunakan lampu warna warni menjadi magnet ribuan pengunjung.

Momen festival Tabot Bengkulu di tahun 2023 ini dibuka langsung oleh Bapak Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 1 Muharam (18 Juli 2023) dan hal itu patut kita sebut Festival Tabut terbaik sepanjang masa. Sebab baru kali inilah sepanjang sejarah kemerdekaan, Kepala Negara langsung hadir dipesta seremonial budaya Bengkulu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Karmawanto mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan dan kedepannya kita tetap terus bersinergi dan lebih mengembangkan kegiatan event festival Tabot.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang hadir sekaligus menutup acara menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan event Festival Tabut 2023 karena sudah 5 tahun berturut-turut masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Penutupan Festival Tabut 2023, dihadiri beberapa perwakilan Kementerian terkait seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, dan Kementerian Perindustrian RI. Acara penutupan festival tabut ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rundown acara.

Berita ini dilansir dari bencoolentimes.com. (VN)

About Natasya saputri

Check Also

Cerita Kurasi Kilat di Balik Pameran Foto Jurnalistik Antara

Ismar Patrizki seorang Kurator Pameran Foto Jurnalistik LKBN Antara, membagikan cerita mengenai proses kurasi yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money