Home / Ekonomi dan Bisnis / Kuliner / Lemeah, Rasa Khasnya Membuat Ketagihan

Lemeah, Rasa Khasnya Membuat Ketagihan

Apa itu Lemag/Lemah/Lemeah, kok namanya terdengar aneh? Bagaimana rasanya? Bagaimana membuatnya? Seberapa unik?

Lemeah adalah makanan khas Rejang yang berasal dari bambu muda yang dicincang dan dicampur ikan air tawar seperti ikan mujair, sepat, maupun ikan-ikan kecil yang hidup di air tawar.

Setelah itu adonan disimpan ke dalam wadah dan ditutup rapat. Proses pengeraman ini bisanya minimal membutuhkan waktu tiga hari. Setelah itu, adonan baru dapat dijadikan bahan masakan untuk gulai.

Lemeah beraroma agak tidak sedap baunya ini merupakan efek dari fermentasi dari ikan yang dicampur dengan rebung. Meskipun baunya yang tidak sedap, tapi banyak yang menyukainya makanan ini. Keunikan dari aroma dan cita rasa yang dihasilkan lemeah, menjadikan makanan ini sebagai keharusan untuk dicicipi dan dibawa sebagai oleh-oleh.

Lemeah lebih nikmat bila dimasak dengan campuran santan supaya lebih gurih dan ditambahkan dengan ikan air tawar maupun ikan laut.

Citarasa lemea berupa asam dan pedas hangat yang unik dan gurih ketika dimakan. Makanan ini juga akan ditambah nikmat bila ditambahi dengan lalapan khas Bengkulu misalnya jengkol, petai dan kabau. Sulit untuk menjelaskan rasa dari masakan lemeah ini, karna rasa yang sangat unik ini.

salah seorang warga Kabupaten Lebong penjual lemeah mengatakan ”ciri khas lemeah semakin disimpan di tempat yang kedap udara maka rasanya semakin nikmat pula aroma yang didapat. Meskipun aroma lemea terasa asing bagi yang baru pertama kali mencium atau pun mencicipi makanan ini dapat membuat ketagihan”

Bahan makanan yang enak ini ternyata tidak bisa dibawa sembarangan dalam dunia penerbangan loh, di Bandar Udara Fatmawati Soekarno Kota Bengkulu, makanan ini sering dibawa penumpang sebagai oleh-oleh dan harus dibagasikan atau ditinggalkan saja. Karena baunya yang tidak sedap, ditakutkan mengganggu kenyamanan penumpang lain jika tidak dibagasikan dan tidak ditutup rapat.

Untuk menemui makanan khas dari Suku Rejang ini Anda dapat mendatangi Kabupaten Rejang Lebong, dan Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Dua kabupaten ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Jadi menarik untuk didatangi wisata alam sekaligus wisata kuliner dengan tetap mengikuti protokol kesehatan tentunya. (MRFA25)

About Riski

Check Also

Dayana Brand Ambassador Bencoolen Coffee Duet Bersama Vocalis Element

Bengkulu: Setelah ditunjuk sebagai brand ambassador Bencoolen Coffee, selebgram asal Kazakshtan Dayana Assembayeva, berduet dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money