Home / Education / Artikel / LANAL BENGKULU GERAKKAN EKONOMI MASYARAKAT PESISIR DAN PEMBERDAYAAN WILAYAH PERTAHANAN LAUT

LANAL BENGKULU GERAKKAN EKONOMI MASYARAKAT PESISIR DAN PEMBERDAYAAN WILAYAH PERTAHANAN LAUT

 

 

 

Pariwisata memiliki potensi yang sangat strategis dan penting terhadap pembangunan perekonomian nasional karena sektor pariwisata memiliki sumbangsih yang dapat memberi peningkatan pendapatan asli daerah. Tempat pariwisata yang dulunya ramai namun sekarang tidak ada lagi pengunjung dengan tujuan yang sama seperti dulu, hingga mempengaruhi perekonomian masyarakat sekitar yang berdagang dan membangun usaha dilokasi tersebut. Ini merupakan tantangan dinas pariwisata, selain itu peningkatan sumber daya manusia aparatur juga diperlukan agar inovasi dan stategi dalam pengembangan objek wisata Tapak Paderi.

Program KBN di Pantai Tapak Paderi ini merupakan program dari TNI Angkatan Laut untuk menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang dilaksanakan di wilayah kerja Lanal Bengkulu yang dipimpin oleh Danlanal Bengkulu letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S. Di Lanal Bengkulu ini kegiatan KBN dipusatkan di Pantai Wisata Tapak Paderi Kelurahan Kebun Keling Kota Bengkulu pada Rabu, 14 Desember 2022. Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Wakil Kepala Staff TNI AL yang terpusat di Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun dilakukan secara video converence di 68 titik di seluruh Indonesia. Membangun ketahanan masyarakat pesisir, TNI AL telah membangun 68 Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang tersebar di seluruh Indonesia. Ke-68 KBN tersebut satu di antaranya ada di Lanal Kendari di Desa Ranooha Raya.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu membina program nasional Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang berada di Pantai Tapak Paderi Kota Bengkulu yang menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir seperti melakukan pembinaan terhadap PKK di setiap kelurahan untuk terus mengembangkan usaha yang dijalani serta melakukan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan agar TNI AL dapat melaksanakan pembinaan potensi maritim juga pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Kemudian, dapat memacu perekonomian di wilayah pesisir terutama di Kelurahan Kebun Keling dan seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu. Berdasarkan perintah Kepala Staff TNI AL (Kasal) bahwa dalam membina program nasional KBN ada lima kelompok yang telah direncanakan sebelumnya yaitu kelompok ekonomi kreatif, kelompok kesehatan, kelompok edukasi, kelompok pariwisata dan kelompok pertahanan.

Dalam peninjauan KBN Bengkulu yang berada dikawasan wisata Pantai Tapak Paderi Kelurahan Kebun Keling Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu pihaknya menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat. Selain menyediakan pemeriksaan kesehatan secara gratis pihaknya juga menampilkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari ibu-ibu PKK di Kelurahan Kebun keling seperti kue basah, sate padang, lontong serta menu makanan lainnya yang dibuat langsung oleh anggota PKK.

Untuk menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir pantai dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut diwilayah kerjanya, TNI AL (Lanal) Bengkulu terus mengoptimalkan program kampung Bahari Nusantara (KBN) pengoptimalan program ini terlihat saat pangkalan TNI Lanal Bengkulu melaksanakan peninjauan langsung KBN yang berlokasi di kawasan wisata Pantai Tapak Paderi. KBN merupakan salah satu program untuk memacu perekonomian masyarakat diwilayah pesisir. Peninjauan secara nasional yang dipimpin langsung oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, SE.,MM secara terpusat dari kendari, sulawesi tenggara secara vicon bersama-sama dari 68 titik KBN termasuk lanal Bengkulu. Upaya yang perlu dilakukan untuk memperbaiki daerah pariwisata Tapak Paderi dan ekonomi masyatakat sekitar seperti penataan kebersihan lingkungan, peluang tempat dan perizinan masyarakat untuk bisa membangun usaha disekitar.

 

Melisa pranabela 21100076

Ikhsan saputra 21100084

Westi Sopiana 21100074

Parhan juannata 21100100

Yani lestari 21100020

About Anisa Akmalia

Check Also

Merokok, Gaya Hidup Berbahaya yang Harus Dihentikan

    Merokok merupakan kebiasaan yang masih banyak dilakukan di Indonesia meskipun telah banyak penelitian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money