Home / Ekonomi dan Bisnis / Kota Manna Menjadi Penghasil Batu Bata Terbesar di Bengkulu

Kota Manna Menjadi Penghasil Batu Bata Terbesar di Bengkulu

Manna: Desa Pagar Dewa Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, sejak dulu cukup di kenal dengan daerah penghasil batu bata yang selalu menjaga kualitas mutunya. Saat ini ada sekitar 20 usaha batu bata yang tetap berjalan serta mengembangkan usaha meski di tengah pandemi Covid-19, salah satunya yang dimiliki oleh Yanti.

Saat Ctzonedehasenbkl.com mendatangi tempat usahanya pada hari Jum’at, 18 Juni 2021 di Desa Pagar Dewa Kota Manna. Yanti mengaku bahwa usaha batu bata yang dimilikinya saat ini mengalami penurunan.

“Kami membuka usaha batu bata sudah cukup lama, meskipun ada sedikit penurunan pesanan. Namun, untuk omset produksi saat ini cukup normal,” Ujar Yanti.

Untuk usaha batu bata sangat diperlukan cuaca yang mendukung, karena hal ini sangat berpengaruh penting terhadap hasil produksi. Namun, untuk proses penjemuran batu bata justru lebih singkat dan tidak memakan waktu.

“Di sini produksinya masih manual dan tradisional, mulai dari pencampuran tanah dengan air. Yang dimana komposisi tanah tersebut, meliputi tanah merah, sekam jerami dan pasir halus,” ungkap Yanti.

Proses dari komposisi tersebut dicampur dan diaduk sampai halus, pengadukan yaang dilakukan sebanyak enam kali hingga menjadi sangat halus. Setelah tercampur dan menjadi halus, barulah batu bata tersebut di cetak menggunakan alat seperti kayu, lalu di bakar pada malam hari.

“Biasanya pembakaran batu bata ini berlangsung pada malam hari hingga pagi hari. Dengan alat seadanya menggunakan tungku kayu, batu batapun bisa di cetak dengan hasil yang maksimal,” ujar Yanti.

Batu bata menjadi salah satu usaha yang sangat menguntungkan, dengan olahan  tanah kita dapat membuat dengan sangat padat hingga menjadi batu bata. (DRA20)

About Rizki Koto

Check Also

Bengkulu Akan Miliki Kawasan Olahraga Berstandar Internasional

Bengkulu: Gubernur Rohidin Mersyah didampingi Kepala OPD terkait, Senin (15/11) mendengarkan pemaparan perencanaan/masterplan Bengkulu Internasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money