Home / akademik / Kompetensi 30 Wartawan Diuji Dalam UKW 11 Bengkulu

Kompetensi 30 Wartawan Diuji Dalam UKW 11 Bengkulu

Bengkulu: PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Infomatika, dan Statistik Provinsi Bengkulu menggelar seminar dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan di Raffles City Hotel,selasa 26 November 2019.

Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Bengkulu Zacky Anthoni SH MH mengatakan, kegiatan UKW ini merupakan yang ke 11 silaksanakan dan diikuti 30 wartawan untuk jenjang Muda Madya dan Utama

Tujuannya untuk meningkatkan mutu wartawan Indonesia, sekaligus salah satu bentuk komitmen dukungan PWI dan KOMINFO Provinsi Bengkulu bersama-sama Dewan Pers dan pemerintah dalam menciptakan kompetensi profesi wartawan yang berintegritas dan bermanfaat.

“Program ini adalah salah satu bentuk apresiasi kami kepada teman-teman wartawan yang selalu mendukung dalam perjalanan kami, kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi, kinerja jurnalistik dan terutama integritas teman-teman wartawan di Provinsi Bengkulu,” ucap Zacky dalam Kata sambutannya.

Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Provinsi Bengkulu Ke -11 berlangsung selama dua hari. Peserta diberikan pembekalan melalui workshop seputar jurnalistik dengan narasumber Ketua Komisi Penelitian, Pendataan & Ratifikasi Pers.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu Jaduliwan mengatakan, kehandalan suatu berita sangat ditentukan oleh kredibilitas jurnalis. Untuk itu, UKW (Uji Kompentensi Wartawan) dirasakan dapat menjadi senjata ampuh untuk melegitimasi bahkan mendongkrak kredibilitas jurnalis. Adapun proses Uji Kompetensi Wartawan disesuaikan dengan jenjang level yang diikuti peserta dimulai dari wartawan muda, wartawan madya dan wartawan utama. Materi uji terdiri dari kode etik jurnalis, merencanakan liputan, rapat redaksi, wawancara cegat, jejaring, konferensi pers, dan lain-lain.

“Kami dari Pemerintahan Provinsi Bengkulu, sangat berharap akan dapat ditingkatkan Lagi Uji Kompentesi Wartawan ini,dan adanya seminar dan UKW kita sangat berharap mendapatkan atau menyajikan Berita yang cerdas, dan akan selalu memberikan berita-berita yang Akurat dan saya yakin bagi wartawan yang sudah menjalankan UKW . Otomatis tidak akan lari dari Kode Etik Kejurnalisan,” kata Jadul (Indy)

About didi yong

Check Also

AJI Bengkulu Gelar “Mobile Journalism”

BENGKULU : Saat ini generasi millennial mencari identitas melalui media internet. Sebab, bagi generasi Z …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money