Home / akademik / KEIN Dorong Startup Indonesia Berkelas Dunia

KEIN Dorong Startup Indonesia Berkelas Dunia

Ketua Kmite Ekonomi dan Industri Indonesia Soetrisno Bachir menjadi pembicara utama dalam Seminar Nasional Ekonomi Umat Kewirausahaan Generasi Milenial di Bengkulu (foto: dyo)

Bengkulu: Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mendorong generasi milenial membangun startup (perusahaan rintisan) yang mampu mengangkat produk nasional menjadi kelas dunia. Ajakannya ini seiring dengan komitmen Presiden Jokowi melahirkan startup kelas dunia dan dunia usaha yang bersedia mengalirkan pendanaan bagi startup yang memiliki prospek di masa depan.

Demikian disampaikan Ketua KEIN Soetrisno Bachir dihadapan 1500 peserta Seminar Nasional bertemakan “Kewirausahaan Generasi Milenial dalam Menyongsong Era Revolusi 4.0” di Bengkulu, Selasa (10/4).

Soetrisno menerangkan, kemajuan teknologi informasi membuka lapangan usaha baru yang berbasis digitalisasi. Bidang usaha perdagangan yang disebut dengan perdagangan online (e-commerce) mendominasinya.

Startup yang familir dengan kalangan generasi muda, lanjut dia, adalah industri ekonomi kreatif. Digitalisasi makin membuat sektor-sektor seperti arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film dan animasi, fotografi, kriya, kuliner, musik, fashion, aplikasi, seni pertunjukan, dan seni rupa makin inovatif dan kreatif.

“Sektor-sektor ini makin inovatif dan kreatif dan berbasis dari kearifan lokal. Ini bagus sehingga produk lokal akan makin dikenal dunia,” kata Ketua KEIN, yang berlatar belakang pengusaha ini.

Soetrisno menyarankan pada generasi milenial agar sektor-sektor usaha yang digelutinya dapat menjadi suatu industri. Sebab, industri akan membuka banyak lapangan kerja, mengurangi angka pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mengenai modal yang biasanya menjadi permasalahan bagi kalangan pelaku usaha mikro dan kecil (UMK), ia menjelaskan sekarang ini bukan permasalahan lagi. Pemerintah sudah menggulirkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga hanya 7% dan perluasan akses pasar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), menurut Soetrisno, memberikan ruang besar bagi generasi milenial untuk mengembangkan startup-nya menjadi kelas dunia. Bahkan pemerintah akan membentuk perusahaan modal ventura untuk membantu startup mengembangkan dirinya. Disisi lain, sejumlah BUMN maupun pelaku usaha swasta turut mendukung pendanaannya dengan harapan agar usaha rintisan ini mampu mencengkramkan usahanya hingga mancanegara.

Karena itu, Soetrisno Bachir menyatakan keyakinannya bila Jokowi kembali menjadi presiden pada lima tahun mendatang makin memperkuat generasi muda dalam mengembangkan startup-nya. Dan, ini menjadi momentum bagi generasi milenial untuk makin memperkuat pondasi usahanya agar makin naik skala usahanya.(rls)

About didi yong

Check Also

AJI Bengkulu Gelar “Mobile Journalism”

BENGKULU : Saat ini generasi millennial mencari identitas melalui media internet. Sebab, bagi generasi Z …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money