Home / akademik / Kegiatan PKMS Unived di Desa Lubuk Lagan Seluma Barat

Kegiatan PKMS Unived di Desa Lubuk Lagan Seluma Barat

Dosen Universitas Dehasen Bengkulu menggelar kegiatan PKMS di Desa Lubuk Lagan Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma. (Foto: Eko)

Seluma: Dosen Universitas Dehasen (Unived) Bengkulu Eko Suryana, M.Kom selaku Ketua Peneliti dan Achmad Fikri Sallaby, M.Kom selaku Anggota Peneliti melakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) bekerja sama dengan mitra Kelompok Putri Kartini Desa Lubuk Lagan Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Juli 2019 bertempat di Posyandu Desa Lubuk Lagan Kec. Seluma Barat.

Desa Lubuk Lagan berada di Kecamatan Seluma Barat, Kabupaten Seluma adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Bengkulu, Indonesia dengan ibu kotanya Tais, terbentuk berdasarkan UU No. 3, Tahun 2003, penduduknya sekitar 297.876 jiwa dengan komposisi 145.180 jiwa (laki-laki) dan 129.187 jiwa (perempuan). Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan.

Menurut Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, Seluma adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang masuk dalam kategori cukup tinggi angka kematian neonatal yang berjumlah 23 orang dari 3.181 KH, atau dengan angka kematian dilaporkan 7/1000 KH. Jumlah kematian bayi pada profil kesehatan tahun 2018 sebanyak 7 dari jumlah (3.181) bayi lahir hidup atau dengan angka kematian yang dilaporkan 2 per 1000 KH. Bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, ada penurunan kematian secara signifikan. Jumlah kematian anak balita sebanyak 2 orang dari jumlah 3.181 KH, atau dengan angka 0,6 (1) orang, jumlah kematian ibu berjumlah 4 orang dari angka kelahiran hidup (Dinkes Kabupaten Seluma).
Kelompok Putri Kartini Desa Lubuk Lagan Kecamatan Seluma Barat dalah binaan Women Crisis Center Bengkulu yang concern pada pendampingan dan konseling pada peningkatan gizi anak dan masalah-masalah pada perempuan.

Pada kegiatan tersebut dosen Unived melakukan sosialisasi penggunaan sistem informasi kesehatan sekaligus menyerahkan bantuan kepada mitra (Kelompok Putri Kartini) satu unit laptop yang sudah terinstal Sistem Informasi Kesehatan Gizi Anak dan Perempuan untuk mengatasi persoalan yang dihadapi mitra akan dibekali dengan kemampuan membuat dan menggunakan sistem informasi berbasis komputer guna mengenali faktor-faktor penyebab gizi buruk anak dan perempuan di Desa Lubuk Lagan Kecamatan Seluma Barat sehingga tidak lagi melakukan pendataan dan pemetaan penyebab gizi buruk secara manual seperti yang masih dilakukan saat ini dan semua data akan tersimpan dengan baik. Kegiatan tersebut diikuti oleh Ketua Kelompok Putri Kartini Fitria Arimurti, Pendamping Helin serta para anggota. Kegiatan PKMS ini dibayai oleh Hibah Ditlitabmas Kemenristek Dikti Tahun 2019.

“Dengan adanya Sistem Informasi Kesehatan Gizi Anak dan Perempuan ini diharapkan dapat membantu kerja dari Kelompok Putri Kartini Desa Lubuk Lagan Kecamatan Seluma Barat” pungkas Eko. (rls)

About didi yong

Check Also

Festival Pesisir Pantai Panjang Tembus Wonderful Indonesia 2020

Bengkulu: Satu lagi ajang promosi pariwisata Bengkulu yaitu Festival Pesisir Pantai Panjang berhasil menembus masuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money