Home / Education / Artikel / Ke Bengkulu Jangan Lupa Cobain Lempuk Durian yaa

Ke Bengkulu Jangan Lupa Cobain Lempuk Durian yaa

Bengkulu: Buah Durian, dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan jika buah ini akan sama dengan namanya yakni berduri. Buah Durian memiliki ciri khas yaitu kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri, buah Durian jika matang memiliki aroma yang sangat menyengat, sebagian orang tidak menyukai aroma buah Durian, namun kebanyakan orang Indonesia menyukainya. Banyak orang yang menjuluki Buah Durian dengan nama Raja dari segala Buah atau bahasa Inggrisnya King of Fruit.

Selain rasanya yang enak Durian juga mempunyai rasa yang khas, tahukah kamu kalo di kota Bengkulu Durian di jadikan sebagai salah satu makanan khas kota Bengkulu yaitu Lempuk Durian atau Lempok Durian. Lempuk Durian adalah sejenis dodol yang terbuat dari 100% daging buah Durian atau Duren segar yang berkualitas di campur dengan gula, gandum, garam kemudian di masak hingga berjam-jam lamanya. Ini yang menjadikan Lempuk Durian khas yaitu rasanya yang sangat nikmat, manis dan kenyal ketika dikunyah, dan sudah tentu rasa khas buah Durianya sangat terasa ketika kita memakannya.

Mery salah seorang penjual Lempuk Durian menjelaskan,  mengingat proses pembuatanya yang cukup lama yakni dimasak 8 jam dan bahan durian yang digunakan cukup banyak maka harga per kilonya hanya Rp.125.000,-

Bagi para Wisatawan luar Bengkulu yang kebetulan tidak menyukai ketika memakan buah Durian secara langsung, dapat menikmatinya ketika buah Durian telah diolah menjadi Lempuk Durian. Karena memang daerah Bengkulu memiliki potensi buah Durian yang sangat banyak ketika musim Durian tiba, Sehingga masyarakat Bengkulu mengolah buah Durian menjadi makanan tahan lama dan menjadi makanan yang sangat khas dan dapat di nikmati menjadi cemilan. Lempuk Durian biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari kota Bengkulu dan bisa didapatkan di gerai-gerai yang menjual makanan khas Bengkulu yang terdapat di sepanjang jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas. (Adit)

About didi yong

Check Also

AJI Bengkulu Gelar “Mobile Journalism”

BENGKULU : Saat ini generasi millennial mencari identitas melalui media internet. Sebab, bagi generasi Z …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money