Home / Education / Artikel / HUTAN MANGROVE, SPOT WISATA INSTAGRAMABLE DI BENGKULU

HUTAN MANGROVE, SPOT WISATA INSTAGRAMABLE DI BENGKULU

 

Hutan Mangrove tersebut awal mulanya dibuat untuk menahan hempasan ombak dan mencegah terjadinya abrasi. Tapi sekarang tak hanya mencegah abrasi, kawasan ini menjelma jadi sebuah hutan wisata yang memilki daya tarik tersendiri. Walau telah menja di tempat wisata tapi fungsi utamanya takkan tergantikan.

Bengkulu yang merupakan daerah pesisir mendapat cukup banyak ancaman dari ombak. Maka dari itu, hutan mangrove dilestarikan agar melindungi daerah pesisir. Dengan kreativitas yang dimiliki warga lokal, hutan tersebut disulap jadi tempat wisata.

Ada beberapa wisata mangrove di Bengkulu, hanya saja tidak semuanya dikelola masyarakat.

Beberapa di antaranya dikelola perorangan. Nah, bagi yang dikelola masyarakat, selain membantu perekonomian warga juga sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Hutan yang kita bahas ini terletak di Kampong Sejahtera, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu. Jaraknya 13 kilometer dari pusat kota. Akses jalan kesana tidaklah susah, bahkan bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor. Tak juga ada biaya masuk, cukup membayar biaya parkir saja, Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Kawasan perumahan penduduk di sekitar sini terkenal menjajakan kerajinan tangan berbahan dasar kerang. Tidak mahal kok! Pernak-pernik yang dijual bisa dibilang sangat terjangkau, mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 250.000, tergantung dari ukuran dan kerumitan pembuatannya.

Itu tadi ulasan singkat hutan mangrove di Bengkulu. Nah, tunggu apalagi, yuk masukkan Bengkulu kedalam destinasi favoritmu! (ENFS45)

About Riski

Check Also

AKTIVITAS EKONOMI MEMBAIK PASCA COVID-19 MENDORONG PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN DI PROVINSI BENGKULU

Bengkulu – Sejak WHO menetapkan Virus corona (Covid-19) sebagai pandemi global. Dampak yang besar akibat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money