Home / Ekonomi dan Bisnis / Kuliner / Gulai Pelus Kuah Santan

Gulai Pelus Kuah Santan

Hidangan gulai pelus ( foto: Ridwan)

Bengkulu Selatan – Ragam macam masakan yang menjadi ciri khas kabupaten sekundang setungguan ini, salah satunya Gulai pelus. Pelus merupakan hewan air tawar yang hidup di aliran sungai dan masih satu spesies dengan belut.

Untuk mengolah Pelus agar tidak amis masyarakat di Bengkulu Selatan punya resep khusus, bumbu rahasia yang turun temurun dari keluarga demikian kata masyarakat setempat yang tidak ingin memberikan resep keluarga tersebut.

Gulai Pelus ini menjadi masakan favorit dan banyak diburu masyarakat yang suka dengan masakan dengan ragam bumbu, santan dengan aroma yang cukup membuat perut merasa lapar

Sistanti warga desa Muara Pulutan, gulai Pelus ini banyak dicari sehingga dirinya mencoba untuk menyediakan gulai Pelus ini, alhasil sejak 25 tahun lalu lokasi tepian sungai Air Nelengau menjadi sentra masakan tradisional Bengkulu Selatan.

“Ketika pertama kali saya membuka rumah makan, 25 tahun lalu, daerah ini masih diselimuti hutan. Pembeli hanyalah para petani dan pengendara yang kebetulan melintas”, ujarnya.

Selain gulai pelus, sejumlah warung makan juga menyediakan gulai lain seperti ikan palau, ikan mas dan ikan mungkus untuk menambah aroma dan ciri khas daerah ini nasi putih dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Untuk harga tentu bervariasi sesuai dengan jenis gulai yang anda pilih rata-rata 25 ribu rupiah per potong berikut satu porsi nasi ibat. (Ridwan)

About rg miko

Check Also

Pemkot Bagikan Sembako Untuk 100 Persen Warga Kota

Bengkulu: Seluruh masyarakat Kota Bengkulu termasuk yang bukan warga Kota Bengkulu tapi tinggal di Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money