Home / akademik / Gelar Pelatihan Jurnalistik FIS Unived Sambangi Sekolah Benteng

Gelar Pelatihan Jurnalistik FIS Unived Sambangi Sekolah Benteng

Tim sosialisasi FIS Unived bersama para mahasiswa menggelar pelatihan jurnalistik bertajun Citizen Journalism di beberapa sekolah di Kabupaten Bengkulu Tengah (foto: ist)

Bengkulu: Civitas Akademika Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Dehasen (FIS Unived) menggelar pelatihan jurnalistik bertajuk Jurnalisme Warga atau lebih polpuler dengan istilah Citizen Journalism.

Dua sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bengkulu Tengah yaitu SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah menjadi sasaran awal. Terihat antusiasme murid khususnya kelas XII yang sebentar lagi bakal menghadapi Ujian Nasional dan melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

Ketua pelaksana pelatihan, Arundi Irawan mengatakan, tujuan utama kegiatan ini untuk memberikan pemahaman tentang dunia jurnalistik kepada siswa dan menjaring peminatan para calon mahasiswa supaya tertarik dengan jurusan Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik.

“Selain ilmu jurnalistik, kita juga sekalian promosi Unived,” jelas Arundi.

Tidak hanya para dosen dan staf FIS Unived yang menjadi penyaji materi. Mahasiswa yang saat ini sedang menempuh proses akhir perkuliahan juga terlibat dalam memberikan materi pelatihan.

Agatha Anindya, salah seorang mahasiswi yang didapuk memberikan materi menjelaskan, banyak pertanyaan terkait fasilitas pendidikan, sarana dan prasarana serta dunia kerja yang akan dimasuki ketika mereka sudah menjadi alumni sebagai penyandang gelar S.Ikom.

“Semua dukungan fasilitas yang menjadi fokus pertanyaan dalam diskusi,” ujar Anindya yang juga tercatat sebagai penyiar senior di Dehasen RAdio 88,5 FM.

Kepala Program Study Ilmu Komunikasi Unived, Vethy Octaviani mengatakan, saat ini Ilmu Komunikasi Unived sudah memiliki 3 sarana penunjang proses belajar bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Diantaranya Radio Siaran yang sudah on air di chanel 88,5 FM, Media Online CTZonedehasenbkl.com yang menjalin kerjasama dengan grup media online se Indonesia serta Laboratorium Komunikasi Multimedia.

“Tidak hanya teori, sarana praktikum komunikasi sudah lengkap di Unived,” jelas Vethi.

Untuk menunjang kemampuan para mahasiswa, kampus yang beralamat di Jalan Merawan Sawah Lebar Kota Bengkulu ini juga mengirimkan para mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan atau PKL di Media massa. Baik yang berada di Bengkulu maupun media nasional yang berada di Jakarta.

“Magang kuliah di media secara langsung akan membuka jaringan para calon sarjana dan meningkatkan kemampuan mengimplementasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah,” kata Vethy Octaviani. (WR16)

About didi yong

Check Also

Leni Haryati John Latief Digadang Wakili Bengkulu di DPD RI

Bengkulu – Siapa yang tak kenal Hj Leni Haryati John Latief? Srikandi yang memimpin banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money