Home / Lifestyle / Community / Festival Pesisir Pantai Panjang Tembus Wonderful Indonesia 2020

Festival Pesisir Pantai Panjang Tembus Wonderful Indonesia 2020

Bengkulu: Satu lagi ajang promosi pariwisata Bengkulu yaitu Festival Pesisir Pantai Panjang berhasil menembus masuk dalam 100 Calender of Event kementrian Pariwisata RI tahun 2020 mendatang.  Artinya tahun depan ada 3 kegiatan di Bengkulu yang termasuk dalam rangkaian Wonderful of Indonesia.

Sebelumnya,  Festival budaya Tabut dan Festival Bumi Rafflesia yang sudah menembus kakender wisata tingkat nasional tersebut dan sudah berlangsung sangat meriah.

Staf Ahli Kementrian Pariwisata RI Bidang  Multikultural sekaligus Ketua pelaksana CEO Calender Of Event 2020, Esthy Reko Astuti menjelaskan, tiga “Calender of Event Wonderfull 2020” di Bumi Rafflesia Provinsi Bengkulu itu memiliki karakter tersendiri.

Pertama, Festival Tabut yang memang merupakan budaya yang sangat unik dimiliki oleh masyarakat Kota Bengkulu. Lalu Festival Bumi Rafflesia, bunga terbesar di dunia yang ada di Bengkulu juga unik. Dan yang ketiga Festival Pesisir Pantai Panjang Bengkulu.

Bengkulu ini memang memiliki garis pantai sepanjang lebih kurang 524 kilo dari pesisir barat Lampung sampai ke pesisir selatan Sumatera Barat. Dan khusus Pantai Panjang Bengkulu ini luar biasa dibandingkan dengan pantai-pantai yang lainnya. Nama Pantai Panjang ini memang terkait dengan pantai yang membentang panjang dari pasir putih sampai ke sungai hitam. Ini sangat bagus sekali, arah paling selatan itu adalah pasir putih, yang diakhiri paling utara terketak di sungai hitam lebih kurang 7,8 KM yang betul-betul indah menghadap ke Samudera Hindia.

Keterpaduan antar tiga elemen dalam objek wisata Pantai Panjang menjadi daya tarik tersendiri. Posisi pantai menghadap ke samudera Hindia dengan wilayah pesisir yang sangat luas, hutan Cemara yang luar biasa indah dan terintegrasi dengan pusat kota.

“Kultural budaya ekonomi yang dipusatkan ke perdagangan ikan asin yang unik juga punya nilai ekonomi yang tinggi,” ujar Esthy

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah  mengatakan,  Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif yang baru Whisnutama,  berasal dari kalangab media. Jadi untuk melakukan Promosi wisata menjadi sangat penting. Mengembangkan sektor pariwisata harus dikemas dengan promosi yang bagus.

“Harus ada dukungan penuh dari masyarakatnya,” tegas Rohidin. (Indy)

About didi yong

Check Also

AJI Bengkulu Inisiasi Pelatihan Mobile Journalism

BENGKULU: Aliansi Jurnalis Independen Bengkulu menggelar kegiatan kursus singkat Mobile Journalism (MoJo), Kamis, 05 Desember 2019. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money