Home / akademik / “Citizen Jurnalism Di Era Digital Bersama Fakultas Ilmu Sosial Dehasen”

“Citizen Jurnalism Di Era Digital Bersama Fakultas Ilmu Sosial Dehasen”

Bengkulu : Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Dehasen Adakan Pelatihan Citizen Jurnalism Di Era Digital Kepada Para Mahasiswa.

Sabtu, 8 Desember pihak Fakultas Ilmu-ilmu Sosial melaksanakan Pelatihan Citizen Junalism Di Era Digital pukul 09.00 Wib.
Kegitan tersebut dihadiri para mahasiswa serta Dosen yang mengajar dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ibu Asnawati, M.kom.

Citizen Jurnalism merupakan kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. Masyarakat tidak hanya menjadi konsumen media tapi juga terlibat dalam pengelolaan informasi itu sendiri.

Pelatihan Citizen Jurnalism dipandu oleh ketua bidang organisasi PWI Provinsi Bengkulu dan senior journalist Kapan Lagi Youniverse (Emtek grup) Yuliardi Hardjo Putra, M.Si. beliau menyampaikan beberapa susunan dan ketentuan pembuatan dasar sebuah berita beserta jenis-jenis berita
Berdasarkan tingkat News Rating-nya.

Dari beberapa penyampaian tersebut
Berita Kriminal, Sport, Pendidikan dan Kesehatan, Ekonomi serta Budaya masih menjadi 5 besar yang memiliki News Rating yang tinggi dan sangat memiliki pengaruh bagi setiap masyarakat.

Dalam pelatihan tersebut juga dibuka sesi tanya jawab antara pembicara dan para mahasiswa untuk bertukar pikiran dan mengajukan pertanyaan mengenai kegitaan Citizen Jurnalism serta menambah pengetahuan berita bagi mereka.

Hasil pelatihan dalam hal ini berita pariwisata menjadi tema dalam Citizen Jurnalism untuk dilombakan kepada para siswa-siswi dari beberapa SMA/SMK yang akan didatangi oleh pihak Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Dehasen.

“Akan diadakan lomba menulis berita dengan tema pariwisata dimana yang terpilih nantinya akan ditayangkan oleh CTZonedehasenbkl.com” ujar, Yuliardi.

Hal tersebut berguna untuk melihat potensi-potensi dari para siswa-siswi SMA/SMK mengenai pengetahuan tentang dunia jurnalisti. Pihak Fakultas nantinya akan membuka peluang magang bagi siswa SMK terutama jurusan broadcasting di bagian Wartawan CTZonedehasenbkl dan Dehasen Radio.

“Peluang magang akan dibuka kepada para siswa-siswi terutama SMK selama 3 bulan di Dehasen Radio dan CTZonedehasenbkl” tegas, Asnawati.

About Bambang Superianto

Check Also

Gustini Resmi Nakhodai STIA Bengkulu

Bengkulu: Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto secara resmi melantik Gustini sebagai ketua Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money