Home / Lifestyle / Healthy / Cara Menghindari Kulit Ekstrim Saat Musim Panas

Cara Menghindari Kulit Ekstrim Saat Musim Panas

Foto: Kompas
Foto: Kompas

 

Melansir dari Kompas, Orang-orang yang mengalami eksim harus tahu cara perawatan kulit untuk membantu mengurangi gejala, saat cuaca panas. Walau sinar matahari dapat memberikan manfaat untuk kulit eksim, namun jika terlalu berlebihan dalam waktu yang lama bisa membuat kulit semakin memburuk.

Seperti menimbulkan masalah kulit terbakar atau sunburn yang bisa memicu sensasi nyeri dan perih, dan peradangan, iritasi hingga dapat menimbulkan resiko kanker kulit. Penderita eksim harus menjaga agar selalu terlindungi dari sinar matahari, terutama di siang hari dengan tingkat ultraviolet yang tinggi.

Berikut cara yang benar untuk perawatan kulit eksim

1). Sunscreen untuk kulit eksim. Penderita harus memperhatikan pengguna sunscreen yang tepat untuk mencegah kulit yang terasa perih dan ruam. Mengutip laman Eczema Company, jenis chemical sunscreen dengan kandungan zinc atau seng oksida non-nano dapat menjadi pilihan yang tepat. Kandungan zinc pada tabir surya itu dapat bertindak sebagai pelindung kulit sekaligus mengurangi ruam dan mencegah peradangan. Selain sunscreenya, spektrum SPF juga disarankan minimal SPF 30 atau bisa lebih supaya memberikan proteksi yang cukup optimal.

2). Tips berpakaian, Tabir surya saja belum cukup untuk melindungi kulit eksim saat cuaca yang panas, Kemudian kenakan pakaian yang longgar. Pakaian yang lebih longgar tidak terlalu bergesekan dengan kulit, dan lebih menyerap keringat dan
Mencuci pakaian baru sebelum dipakai bisa menjadi strategi penyelamatan jiwa untuk pengobatan eksim di rumah. Jika Anda mengenakan pakaian langsung dari toko, kemungkinan terdapat bahan kimia pada kain yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan eksim kambuh. (BEA) 

About Septi herdiana

Check Also

5 Makanan Sehat yang Bisa Meningkatkan Mood

Makanan tidak hanya penting untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Beberapa penelitian telah menunjukkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money