Home / akademik / Bina UMKM, BI Gelar “Siapik’

Bina UMKM, BI Gelar “Siapik’

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu menggelar workshop bagi UMKM di Hotel Sinar Sport. (foto: Indy)

Bengkulu: Sebagai salah satu sumbangsih Bank Indonesia terhadap pengembangan UMKM di Provinsi Bengkulu, Bank Indonesia melaksanakan Workshop Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) pada Kamis – Jumat 14-15 November 2019, bertempat di Mini ballroom Sinar Sport Hotel, Bengkulu.

Deputi kepala kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu Rifat Pasha mengatakan yang menjadi latar belakang Bank Indonesia melakukan pembinaan pada UMKM karena memang struktur perekonomian didominasi oleh UMKM, pelakunya saja sudah lebih dari 90% artinya bisa memberdayakan UMKM yang ada di Bengkulu.

“Ini akan memberikan dampak yang positif terhadap pengurangan pengangguran dan perluasan kesempatan kerja serta mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi makronya,” ujarnya.

Lanjut Rifat, dari sisi relevansi upaya pengembangan UMKM ini relevan dengan tugas utama Bank Indonesia dari sisi moneter, stabilitas sistem keuangan, maupun dari sistem pembayaran, persoalan inflasi contohnya mengukur stabilitas moneter, inflasi, dan nilai tukar.

“Inflasi di daerah itu disumbangkan oleh komoditas pangan dan pelaku-pelaku di sektor pangan kebanyakan adalah UMKM artinya bisa mendorong UMKM lebih produktif serta produksi pangan juga akan berkembang sehingga stabilitas harga juga terjaga kebersihannya,” tutupnya.(Indy)

About didi yong

Check Also

AJI Bengkulu Gelar “Mobile Journalism”

BENGKULU : Saat ini generasi millennial mencari identitas melalui media internet. Sebab, bagi generasi Z …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money