Home / akademik / BI Gelontorkan Rp 600 Juta Untuk Beasiswa Mahasiswa Bengkulu

BI Gelontorkan Rp 600 Juta Untuk Beasiswa Mahasiswa Bengkulu

Bengkulu: Bank Indonesia kembali membuktikan komitmen untuk memajukan dunia pendidikan di Bengkulu. Sebanyak 100 orang mahasiswa dari dua universitas negeri, yaitu Universitas Bengkulu dan Institut Agama Islam Negeri mendapak kucuran dana beasiswa dengan total dana sebesar Rp 600 juta pada tahun 2019.

Ini merupakan program lanjutan sejak tahun 2015 lalu Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Indonesia Cerdas. Para mahasiswa penerima beasiswa ini tergabung dalam misi membangun Generasi Baru Indonesia (GenBI) yang akan menjadi mitra Bank Indonesia dalam berbagai program yang disusun selama mereka menjadi penerima beasiswa.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan, BI selalu hadir di setiap makna Indonesia, dimana melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Indonesia Cerdas, BI memberikan bantuan beasiswa kepada Generasi Baru Indonesia (GenBI). Pemberian beasiswa tersebut merupakan wujud nyata yang dilakukan oleh BI terhadap pendidikan dan pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia.

“Beasiswa ini sebagai bentuk kepekaan dan perwujudan kepedulian sosial BI dalam Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) melalui Program Indonesia Cerdas,” ungkap Endang di Bengkulu (27/2/2019)

Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini selama setahun akan mendapat beasiswa sebesar Rp 1 juta per bulan atau Rp 6 juta per semester. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu sebanyak Rp 750 ribu per bulan. Bank Indonesia, lanjut Endang sudah menambah nilai beasiswanya, diharapkan bisa mengurangi beban para orangtua mahasiswa berprestasi tersebut dilakukan melalui proses seleksi yang ketat.

Tak hanya dari sisi prestasi, seleksi juga melihat sisi karakter, latar belakang sosial dan ekonomi para penerima beasiswa. Sehingga diharapkan beasiswa tersebut dapat dipergunakan untuk hal yang lebih bermanfaat seperti membayar biaya kuliah.

“Manfaatkan untuk hal yang bermanfaat,” harap Endang.

Penerima beasiswa BI adalah komunitas yang berwawasan kebanksentralan dan berliterasi keuangan sebagai front liner, agent of change dan future leader yang tergabung
didalam GenBI. Komunitas ini diharapkan dapat mengkomunikasikan kebijakan BI kepada mahasiswa dan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap
pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuan Bank Indonesia.

GenBI membantu tugas BI seperti melakukan sosialisasi tentang keuangan kepada masyarakat dan beberapa kegiatan BI lainnya,” ungkap Endang. Bahkan GenBI Bengkulu merupakan komunitas yang paling aktif terbaik nomor 3 di Indonesia. Hal ini membuktikan kalau para mahasiswa ini tidak hanya cerdas tetapi aktif melaksanakan berbagai kegiatan positif ditengah masyarakat.

Rektor Universitas Bengkulu, Dr Ridwan Nurazi SE MSc mengatakan, BI sejak dulu memang selalu memberikan bantuan kepada Universitas Bengkulu, baik itu berupa peralatan untuk penelitian hingga beasiswa untuk para mahasiswa. Pihaknya berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik salah satunya untuk meningkatkan keterampilan.

“IPK tidak perlu 4, cukup 3 atau 3,2 selebihnya adalah keterampilan, karena keterampilan bisa membuat kita sukses, jadi manfaatkan bantuan ini untuk meningkatkan keterampilan kita,” ujar Ridwan.

Terpisah, Rektor IAIN Bengkulu, Prof Dr Sirajuddin mengaku, selain keterampilan, mahasiswa juga harus cerdas, tidak hanya cerdas akalnya tetapi juga cerdas secara spritualnya. Tanpa dilandasi kecerdasan spiritual maka akan menjadikan insan yang berakhlak buruk.

“Kita harus memiliki akhlak yang baik, jangan buruk, jadikan bantuan
beasiswa ini untuk membimbing menjadi manusia cerdas yang berakhlak baik,” kata Sirajuddin.

About didi yong

Check Also

Pleno Tuntas Ini Daftar 45 Anggota DPRD Prov Bengkulu Terpilih

Benfkulu- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu telah selesai melaksanakan pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money