Home / Derap Hukum / Kejati Bengkulu Selamatkan Kerugian Negara Rp10 miliar Sepanjang 2022

Kejati Bengkulu Selamatkan Kerugian Negara Rp10 miliar Sepanjang 2022

Bengkulu: Usai penutupan rapat kerja daerah, kepala kejaksaan tinggi bengkulu Heri Jerman memamparkan sejumlah jprestasi yang diraih jajarannya sepanjang tahun 2022 antara lain di bidang pidana khusus yakni berhasil menyelamatkan kerugian keuangan negara dari barang rampasan, uang sitaan, uang denda dan uang pengganti sebesar Rp 5,7 miliar.
Sementara dari 36 penyelidikan perkara tipikor yang ditangani, presentase penyelesaiannya mencapai 69,44 %. Selain itu, untuk penyidikan dari 40 perkara selesai 47,5 ℅ , penuntutan dari 52 perkara selesai 75 % dan eksekusi terpidana dari 67 perkara selesai 98,5%. Untuk Bidang perdata & tata usaha negara, penyelamatan kerugian keuangan dan pemulihan aset negara mencapai Rp 4,4 miliar.

“Alhamdulillah untuk tahun 2022, penyelamatan kerugian keuangan negara dan pemulihan aset negara dari bidang pidsus dan datun mencapai Rp 10 miliar lebih dan hal itu sejalan dengan arahan Jaksa Agung R.I bahwasanya dalam melakukan penindakan suatu perkara harus disertai juga dengan pemulihan kerugian keuangan dan pemulihan aset negaranya , tegas Heri Jerman Kajati Bengkulu.

Heri Jerman menambahkan jumlah penyelamatan kerugian keuangan dan pemulihan aset negara tersebut akan terus bertambah ditahun 2023 mendatang karena ada sejumlah perkara tipikor yang masih berproses di tingkat penuntutan dan belum memiliki putusan ingkrah dari pengadilan seperti kasus replanting sawit Bengkulu Utara tahun 2019 yang dalam penyidikan berhasil di sita uang dari rekening para tersangka sebesar Rp 13 miliar. Terakhir Kajati Bengkulu juga memberikan apresiasi pada penyuluhan hukum yang dilakukan bidang penkum intelijen dari 13 instansi yang ditargetkan menjadi 60 instansi yang mendapatkan penyuluhan hukum. Ke depan kajati berharap seluruh bidang mampu mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya sehingga kepercayaan publik pada kejaksaan akan semakin tinggi. (Agustopo/TVRI)

About didi yong

Check Also

Jalanan Rusak Warga Tanggul Rawa Makmur Kesulitan Beraktivitas

Bengkulu – akses jalan yang ada di Tanggul, Merpati 2 Rawa Makmur tampaknya sangat butuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money