Home / Ekonomi dan Bisnis / Bawang Merah dan Putih Panjat Harga

Bawang Merah dan Putih Panjat Harga

Ibu-ibu berbelanja bawang merah dan putih di lapak pedagang pasar panorama kota Bengkulu (foto:Deli)

Bengkulu: Harga sejumlah bahan pokok di tingkat pedagang mulai menunjukkan kenaikan yang cukup tinggi dimana harga saat ini bisa naik hingga 90 persen. Seperti lonjakan harga bawang merah dan putih seperti di pasar panorama kota Bengkulu menyentuh harga 40-48ribu/kg untuk bawang putih dan 38-44 ribu/kg bawang merah, padahal pada pekan lalu hanya dikisaran 25-28 ribu rupiah per kilogramnya.

Diakui Anda Tanjung saat ini pasokan bawang yang ada berasal dari lokal Bengkulu dan daerah penghasil lainnya seperti Pagaralam, lampung, Jawa bahkan dari Nusa Tenggara Barat. Selain semakin tingginya minat pembeli jelang Ramadhan, biaya angkut/transportasi yang cukup mahal ikut menyumbang kenaikan harga.

“Kenaikan harga di sebabkan dari kegagalan panen petani, biaya transport barang, kekurangan stok di gudang” ujarnya.

Sejak awal bulan lalu, pengaruh musim penghujan membuat kualitas bawang merah dan putih menurun karena petani memanen bawang lebih awal.

“Saat mendapatkan stok bawang yg kurang bagus agar tetap menarik peminat kita harus memberikan harga yg bersaing walau tak mendapatkan banyak untung”. Tambah Anda Tanjung.

Kenaikan harga bahan pokok jelang bulan Ramadhan memang sering terjadi mengingat hukum ekonomi pasar, permintaan banyak namun pasokan sedikit. Namun disisi lain kondisi ini menjadi peluang bagi sebagian tengkulak untuk memainkan harga guna memperoleh keuntungan yang berlipat. ( Deli Siti)

About rg miko

Check Also

Seleksi Calon Komisioner KPID Bengkulu Dimulai

Bengkulu: Dalam rangka memenuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran, sebagai wujud peran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money