Home / Education / Artikel / 7 Manfaat Daun Sirih, Cowok Wajib Baca Ini

7 Manfaat Daun Sirih, Cowok Wajib Baca Ini

Daun Sirih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya untuk para cowok (foto: ist)

Healthy: Daun sirih sudah di kenal sejak dulu sebagai pengobatan tradisional yg cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah penyakit di dalam tubuh. selain bisa mengobati dari dalam tubuh, daun sirih juga bisa mengobati dari luar bagian tubuh, bahkan daun sirih juga bisa di jadikan bahan untuk perawatan tubuh dan kecantikan.

Daun sirih adalah salah satu daun herbal yang memiliki banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Tanaman yang tumbuh menyulur dan memiliki daun lebar ini kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial.

Daun sirih dikenal akan sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit. Khasiatnya tak terbatas di permukaan tubuh. Jika dimakan atau diminum air rebusannya, manfaat daun sirih juga akan terasa untuk organ-organ tubuh.

Dikutip dari idntimes.com, ini dia manfaat dari daun sirih :

1. Menyembuhkan luka

Manfaat daun sirih hijau yang utama adalah membantu percepatan penyembuhan luka. Antioksidan di dalam daun sirih hijau mampu menyembuhkan stres oksidatif sehingga dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Kompres luka dengan daun sirih yang sudah ditumbuk, kemudian balut dengan perban.

2. Mengobati nyeri

Daun sirih tinggi akan chavicol yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Meminum air rebusannya akan membantu meringankan nyeri di dalam tubuh.Mengobati gangguan pencernaan. Minum air rebusan sirih akan membantu penyerapan mineral dan nutrisi. Sementara mengurapi perut dengan minyak daun sirih bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

3. Menurunkan berat badan

Konsumsi daun sirih bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme, meningkatkan sekresi pencernaan, serta menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semuanya penting dalam pada daun sirih menjadikannya obat alami untuk demam dan sakit tenggorokan.

4. Mengobati disfungsi ereksi pria

Sirih bisa melebarkan pembuluh darah di alat vital serta bermanfaat sebagai anti depresan.

5. Melawan kanker

Manfaat daun sirih yang tak banyak diketahui adalah sebagai obat anti-kanker. Mengunyah daun sirih diketahui mampu mencegah dan mengatasi kanker sumsum tulang dan meningkatkan harapan kesembuhan bagi pasien leukemia myeloid kronis. Fakta ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai.

6. Mengatasi gatal

Alergi atau masalah kulit bisa diobati dengan mandi air rendaman sirih. Rendam sirih hijau dalam seember air panas, kemudian tunggu sampai airnya menghangat dan pakailah untuk mandi.

7. Menyembuhkan luka bakar

Menurut Beauty Health Tips, daun sirih bisa dimanfaatkan untuk luka bakar ringan. Cuci bersih sirih, kemudian remas-remas. Tambahkan sedikit madu organik dan tempelkan pada bagian kulit yang luka bakar.

Jadi itulah manfaat daun sirih bagi kesehatan dan kecantikan. Demikian penjelasan mengenai aneka manfaat daun sirih. Harap diingat, manfaat daun sirih baru bisa dirasakan secara maksimal kalau dikonsumsi sesuai anjuran. Takaran berlebih justru bisa memberikan efek negatif bagi tubuh. (Atina).

About didi yong

Check Also

CERITA RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO DI BENGKULU

PRESIDEN pertama Republik Indonesia (RI), Soekarno sempat menginjakkan kaki di provinsi berjuluk ”Bumi Rafflesia”, Bengkulu. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money