Home / akademik / 61 Mahasiswa FIS Unived Sambangi Ombudsman RI

61 Mahasiswa FIS Unived Sambangi Ombudsman RI

Mahasiswa FIS Unived menyambangi kantor Ombudsman RI di Jakarta untuk memahami seputar pelayanan publik. (foto: ist)

Bengkulu: Sebanyak 61 orang mahasiswa Fakultas Ilmu-ilmu Sosial (FIS)  Universitas Dehasen Bengkulu melanjutkan kegiatan study banding di Yogyakarta dan Jakarta tahun 2019 dengan menyambangi kantor Ombudsman RI Jakarta pada 30 Oktober.

Dalam kunjungan tersebut, Mahasiswa fakultas ilmu-ilmu sosial ini terdiri dari jurusan ilmu komunikasi dan administrasi publik, disambut dengan hangat oleh Asisten Madya Ombudsman RI, Dominikus Dalu.

Pada kesempatan tersebut Dominikus memaparkan materi mengenai tugas, fungsi, wewenang, serta hak Ombudsman sebagai Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik.
“Sesuai dengan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 Ombudsman merupakan salah satu Lembaga Negara yang memiliki hak imunitas.

Hak Imunitas ialah jika suatu Lembaga Negara sedang melaksanakan tugas, tidak dapat diperiksa di hadapan penegak hukum apalagi diperiksa di peradilan. Malah Ombudsman memiliki wewenang untuk memanggil seluruh penyelenggara pelayanan publik yang melakukan kesalahan administrasi” ujar dominikus.
Ombudsman adalah Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik, baik yang diselenggarakan oleh Negara dan Pemerintah, dalam hal ini seperti BUMN, BUMD, BHMN, serta BUMS atau perseorangan yang ditugaskan untuk menyelenggarakan pelayanan publik.

” Adapun tugas ombudsman ialah Bertugas untuk menerima laporan dari masyarakat tentang adanya pelanggaran dalam penyelenggaran pelayanan publik, Melakukan investigasi terhadap laporan yang diterima dari masyarakat. terus Melakukan berbagai upaya pencegahan maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik, itulah tugas ombudsman”. ujar Dominikus.

Setelah pemaparan selesai dilakukan, seluruh Mahasiswa fis unived diajak main kuis seputar pengetahuan tentang Ombudsman Republik Indonesia. diakhiri dengan foto bersama di Ruang Adjudikasi, Gedung Ombudsman RI, Jakarta.

“Jika ada hal-hal yang bersifat maladministrasi segera laporkan ke ombudsman” kata pak domi.
Untuk informasi jika ada tindak maladministrasi dapat melapor ke no 137 atau melalui watssap 0821 3737 3737.(kanit/memey)

About didi yong

Check Also

Harun Mahbub: Tik Tok Sudah Merasuki Jurnalisme

Bengkulu: Ada yang menarik saat Redaktur pelaksana Liputan6 Harun Mahbub saat memaparkan materi dalam Seminar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money