Unived Siapkan Kurikulum Berbasis Digital

Kurikulum merupakan salah satu perangkat penting yang menjadi acuan bagi tercapainya program pendidikan sehingga kurikulum harus mampu menjawab tantangan perkembangan jaman. Berkaitan dengan upaya membangun kurikulum tersebut, pada hari Kamis 26 Juli 2018, Fakultas Ilmu-Ilmu  Sosial Universitas (FIS) Dehasen Bengkulu, menyelenggarakan Loka Karya Kurikulum untuk mengevaluasi dan menyusun kurikulum pada Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Adminitrasi Publik. Loka Karya yang dihadiri oleh pejabat struktural dan dosen-dosen di lingkungan fakultas ilmu sosial, pakar pendidikan, perwakilan Ombudsman, serta perwakilan mahasiswa dan alumni Universitas Dehasen ini dibuka oleh Wakil Rektor  I Universitas Bengkulu Ir. Hadi Prakoso MP. Dalam sambutannya Wakil Retor menyampaikan…

User Rating: 1.6 ( 1 votes)

Kurikulum merupakan salah satu perangkat penting yang menjadi acuan bagi tercapainya program pendidikan sehingga kurikulum harus mampu menjawab tantangan perkembangan jaman.

Berkaitan dengan upaya membangun kurikulum tersebut, pada hari Kamis 26 Juli 2018, Fakultas Ilmu-Ilmu  Sosial Universitas (FIS) Dehasen Bengkulu, menyelenggarakan Loka Karya Kurikulum untuk mengevaluasi dan menyusun kurikulum pada Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Adminitrasi Publik.

Loka Karya yang dihadiri oleh pejabat struktural dan dosen-dosen di lingkungan fakultas ilmu sosial, pakar pendidikan, perwakilan Ombudsman, serta perwakilan mahasiswa dan alumni Universitas Dehasen ini dibuka oleh Wakil Rektor  I Universitas Bengkulu Ir. Hadi Prakoso MP.

Dalam sambutannya Wakil Retor menyampaikan bahwa penyusunan kurikulum dimaksudkan menjawab: 1) Tuntutan KKNI yang berisikan standar kompetensi manusia Indonesia, Standar kompetensi pendidikan tinggi, dan kompetensi lulusan pendidikan tinggi yang ditentukan oleh asosiasi. 2) Perkembangan jaman memasuki era digitalisasi, yang mengharuskan lembaga pendidikan tinggi harus bisa mengantisipasinya. Wakil Rektor juga menyatakan bahwa kurikulum yang baik, diantaranya bercirikan kemampuan kurikulum menjawab kebutuhan masyarakat (pemakai), sekaligus Kesesuaian antara substansi kurikulum dengan system pengadministrasian kurikulum.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dra. Asnawati M.Kom, juga menyatakan bahwa Loka Karya  ini merupakan upaya menyusun kurikulum yang mengacu pada visi “Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi yang Unggul dalam Bidang Hubungan Masyarakat dan Jurnalistik Berbasis Kewirausahaan Tingkat Nasional Tahun 2034”.

Untuk mewujudkan visi tersebut, ditetapkan bahwa profil lulusan Program Studi S1 Komunikasi terbagi menjadi tiga profil lulusan, diantaranya Peneliti Komunikasi dengan spesifikasi Asisten Peneliti Komunikasi, Pengembang / Pengelola Isi Media dan Lulusan sebagai  Konsultan/ Pengelola Program Komunikasi. Sementara profil lulusan Program Studi Adminitrasi Publik adalah Lulusan sebagai Manajer Public, Birokrat dan Administrator Publik, Konsultan Publik, Wirausaha, dan profil sebagai Peneliti.

Hasil loka karya merekomendasikan adanya perbaikan kurikulum yang bisa mendorong kekhasan atau branding Universitas Dehasen sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat terkini dan masa mendatang seperti tentang komunikasi digital, komunikasi pembangunan desa, komunikasi pemberdayaan/pengembangan masyarakat, komunikasi dalam bidang kesehatan dan pendidikan. Di samping itu juga mendorong Program Studi Administrasi Publik bukan sekedar adminstrasi pemerintahan tetapi juga administrasi pada lembaga-lembaga publik lain yang berkaitan dengan era digitalisasi administrasi.

About Asnawati M.Kom

Check Also

Harun Mahbub: Tik Tok Sudah Merasuki Jurnalisme

Bengkulu: Ada yang menarik saat Redaktur pelaksana Liputan6 Harun Mahbub saat memaparkan materi dalam Seminar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money