Home / Lifestyle / Community / 30 Jurnalis Bengkulu Siap Menjadi Fact Checker

30 Jurnalis Bengkulu Siap Menjadi Fact Checker

 

30 Jurnalis Bengkulu menyatakan siap menjadi pelacak kebenaran informasi atau Fact Checkers usai mendapat pelatihan dari Google. (Foto: GNIIndonesia)

Bengkulu: Sebanyak 30 orang jurnalis Bengkulu menyatakan diri siap menjadi ujung tombak pencari kebenaran informasi atau Fact Checker.

Komitmen ini tersirat setelah mereka mendapat pelatihan selama 2 hari yang digelar Google News Initiative Training Network beraama Internews dan Aliansi Jurnalis Independen Indonesia di Hotel Grage Horizon 3 hingga 4 Agustus 2019.

Instruktur Google, Donald Chaniago mengatakan,  saat ini banyak beredar informasi yang menyesatkan, tetapi dibuat seolah-olah benar.  Tugas para Fact Checkers yang tergabung dalam media mainstream ini untuk mencari fakta yang benar dan meluruskan informasi yang diterima publik.

“Info sesat itu sangat cencar masul melalui media sosial, harus diluruskan, ” tegas Donald.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen Bengkulu Harry Siswoyo menyatakan,  selain 30 jurnalis itu,  pihaknya juga sudah melatih 60 orang dari berbagai latar belakang yang juga diharapkan ikut membantu menjadi tim Cek Fakta di Bengkulu.

“Sebagai negara dengan Pengguna media soaial termasuk 5 besar dunia,  Indonesia menjadi sasaran empuk penyebar Hoax,  harus ada antisipasi,” jelas Harry.  (dyo)

About didi yong

Check Also

Harun Mahbub: Tik Tok Sudah Merasuki Jurnalisme

Bengkulu: Ada yang menarik saat Redaktur pelaksana Liputan6 Harun Mahbub saat memaparkan materi dalam Seminar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money